Irvan Husni On January 25, 2015

Upacara Kerohanian SMP 5 Cirebon

Pak Uus Yang membuka acara setelah membacakan Yasin
Maulid nabi yang ke 1436 H, diadakan pada hari jum'at 23 januari 2015. Kali ini SMP 5 kedatangan Syeh Abu Halifah seseorang yang sudah diidolakan tim Rohis SMP 5 untuk bertausiyah di sekolah tercinta. Diawali dengan kegiatan mengaji di lapangan smp 5, membaca surah Yasin.
Lalu menyebutkan asma Allah yang 99. Pak Uus Hafied Usman selaku guru agama membuka acara, anak - anak Rohis duduk dibagian depan menghadap belakang. Pak Uus memberikan sekilas ceramah tentang maulid Nabi Muhammad, setelah itu Rohis Marawisan dan disaksikan oleh seluruh siswa dan guru, nada dan sholawat yang dimainkan sangat indah didengar, setelah itu nabilla anak dari kelas 7.7 membacakan puisi tentang Nabi SAW.


Syeh Abu Halifah bersama rombongannya
Beberapa saat setelah itu, Syeh Abu datang bersama Pak Edi (guru agama) dan beberapa anak rohis, juga asistennya, lalu duduk diantara anak Rohis. Acara dimulai dengan dipimpin oleh dua anak sebagai MC yaitu Khofifah dan Muhtadin dan mulai menjelaskan susuna acara yang akan diadakan. Acara pertama yaitu membaca bassmallah (Bismillah hirrohmanirrohim), lalu acara kedua yaitu pembacaan ayat - ayat suci Al-quran surah Al-azar ayat 21, yang dibacakan oleh Rizki dari kelas 7.1, acara ke 3 yaitu sambutan oleh Pak Uus, acara ke 4 Ibu Kepala sekolah SMP 5 yakni Ibu Kanti Rahayu.M.Pd memberikan ceramah tentang perasaan seorang ayah tentang anak pembangkang, selanjutnya Vocal Grup SMP 5 dibawah asuhan Ibu Ichwa Muslihah.S.Pd melantunkan lagu islami yang sangat merdu dan serempak.

Bu Kanti yang memberikan ceramah
Acara inti dimulai, yaitu Tausiyah oleh Syeh Abu Halifah, Ia berceramah tentang sejarah dan sanjungan nabi muhammad SAW. Berikut isi ceramah beliau : "Jika ingin hidup sukses maka kenalah dengan Nabi Muhammad SAW, jika kamu tidak membanggakan Nabi Muhammad, maka kamu tidak mengenal Nabi Muhammad dan akan di tinggal oleh nya", "Seseorang yang layak untuk dijadikan idola hanya Nabi Muhammad, jika kalian mengidolakan selain nabi SAW, maka kalian adalah termasuk orang - orang yang merugi". Berikutnya Syeh Abu menjelaskan tentang Cinta, "Kamu seorang laki-laki/perempuan mulia, nilai mu lebih mahal dari kintan mutiara, jadi jangan dibuat murah", "Seseorang yang menjaga dirinya maka akan semakin mahal pula dirinya (yang jomblo slow aja, ente berarti manusia mahal)", "Cinta adalah suatu kemuliaan, jadi kejar lah cinta dengan kemuliaan". Setelah itu Syeh Abu menceritakan sebuah kisah tentang pemuda yang berbau misik (minyak yang baunya harum), diceritakan bahwa ada seorang pemuda tamfan :v yang hidup
Syeh Abu yang sedang bertausiyah
sederhana dan memiliki iman yang kuat, saat sedang berjualan Gentong (tempat air) ia bertemu seorang wanita yang dikenal paling cantik dan sangat kaya juga keturunan seorang bangsawan, sayang nya wanita itu memiliki hati yang tidak secantik rupanya, iya hatinya busuk (kayak cabe), lalu wanita cantik tersebut memanggil sang pemuda dan berjanji akan membeli semua gentong yang dijual pemuda tamfan :v, setelah sampai dirumah sang wanita, si pemuda tamfan :v itu membawa masuk semua gentong nya satu persatu, tibalah saat gentong terakhir dimasukan sang wanita mengunci pintunya, diajak lah sang pemuda ke kamar sang wanita dan sang wanita pun menguncinya lagi, sang pemuda bertanya mengapa sang wanita mengunci pintunya, setelah mengetahui jawaban sang wanita sang pemuda panik karena takut melanggar Allah karena harus melayani wanita tersebut, wanita itupun mengancam jika tidak menurut maka ia akan berteriak agar sang pemuda dihajar warga, suasana semakin panas karena sang pemuda kebingungan menghadapi kejadian tersebut, akhirnya setelah mikir bolak balik sang pemuda memutuskan untuk mandi, tetapi bukanya mandi malah BAB lalu melumuri kotorannya keseluruh tubuhnya dan berkata kepada sang wanita "I'm ready" :v, wanita itu otomatis menyuruh nya pergi (yaiyalah :v), sang pemuda pun bersyukur lalu mandi, namun bau kotorannya tak kunjung hilang walau sudah mandi berulang kali, akhirnya sang pemuda pun mulai lelah dan tertidur, ia diberi rahmat oleh Allah dan dapat bertemu malaikat Jibril di dalam mimpinya,jibril pun kagum dengan idenya sang pemuda, lalu mengusap seluruh tubuh sang pemuda hingga beraroma seperti minyak misik, dan diberi kemuliaan oleh Allah di dunia sebelum di akhirat.

Syeh Abu yang memberikan tausiyah
Berikutnya Syeh Abu menjelaskan bahwa "Orang yang mulia ialah orang yang tidak mengumbar cintanya melainkan cinta kepada suami/istrinya juga cinta kepada Nabi Muhammad". Kenapa Nabi Muhammad pantas diidolakan? itu karena Nabi memiliki banyaak kelebihan dan memberi banyak manfaat, salah satu keistimewaan Nabi Muhammad secara dhahir yaitu : Nabi Muhammad memiliki aroma keringat yang wangi, dan tidak pernah dihinggapi lalat (Subhanallah) pernah suatu saat seorang anak mengambil keringat nabi saat sedang tidur untuk diberikan ke ibunya dan dijadikan parfum, lalu Nabi Muhammad ketika tertawa tidak pernah terbahak - bahak jadi hanya terlihat giginya sedikit, jadi jika seorang laki - laki tertawa terbahak - bahak maka sikap nya jelek dan jika perempuan yang terbahak - bahak maka jelek diatas jelek. Jika ketamfanan manusia itu 1, maka Nabi yang dikatakan tertamfan hanya memiliki seperempatnya saja, lalu seperempatnya lagi untuk umat manusia, dan setengahnya untuk Nabi Muhammad, Nabi muhammad memiliki hidup seperti huruf alif yang memudahkannya untuk sholat, bibirnya pun seperti huruf mim, bahkan ludahnya nabi Muhammad dapat mengubah air sumur yang tadinya biasa menjadi segar dan harum. Suatu ketika saat Nabi Muhammad di bekam (membersihkan darah), nabi memberi perintah pada sahabat nya untuk membuang darah kotor Nabi Muhammad (sayang nya darah nabi gak kotor), lalu sahabat nabi malah meminum darah tersebut, sehingga Nabi berdoa kepada Allah agar sahabatnya dijauhi oleh api neraka, tidak pernah berkata kasar, tidak pernah dendam, dan penyabar walau dicaci maki habis - habisan.

Jadi Akhlaq Nabi Muhammad SAW sangat baik, sampai diakui oleh orang - orang kafir, hingga bangsa selain manusia (Jin, Malaikat), hingga Allah pun mengakui kemuliaan Nabi Muhammad. "Sesungguhnya Engkau Muhammad adalah puncak kemuliaan" Firman Allah.

Lalu Syeh Abu menutup acara dengan doa. Sekian Artikel yang saya sampaikan semoga bermanfaat untuk Sobat SlowMo khususnya umat Islam di Indonesia, maupun luar indonesia.

Bonus :
Pak Uus
Marawisan anak - anak rohis
Foto Imut anak bu kodir berhijab
Mc nya


Pembaca Ayat suci Al-quran
yang baca puisi
Vocal grup bersama mamih ichwa

{ 1 komentar... read them below or add one }