Irvan Husni On October 06, 2016

Jepang adalah negara di bagian Asia Timur yang sangat terkenal dengan kedisiplinannya, juga waktunya yang relatif sibuk. Dikesempatan kali ini penulis akan memberikan perbandingan, tips dan juga refrensi kepada sobat SlowMo agar dapat memanfaatkan waktunya dengan efektif layaknya pelajar di Negeri Matahari sana.

Rutinitas Pelajar Indonesia

http://sorotgunungkidul.com/foto_berita/37pendidikan%20sma%20illustrasi.jpg

Pelajar kita ini adalah pejuang tingkat tinggi loh, berdasarkan pernyataan menteri perlindungan anak bahwa jam menuntut ilmu di negeri kita ini melampaui batas rata - rata sekolah berdasarkan peraturan di UNESCO, Sedangkan di negara lain khususnya Jepang, mereka menerapkan waktu belajar yang tidak lebih banyak dari Indonesia namun menyandang nama sebagai pendidikan terbaik. Kok bisa?

Pelajar Indonesia itu rata - rata bangun pada jam 5 - 6 dipagi hari. dikarenakan sekolah masuk pada jam 7, itupun biasanya pelajar kita sekolahnya relatif jauh - jauh dikarenakan tidak adanya sistem sekolah yang memiliki standar yang sama.

Kurang lebih 8 jam termasuk 30 menit istirahat pelajar Indonesia masih harus tetap disekolah untuk menuntut ilmu, setelah itu ada yang dilanjutkan dengan ekstrakulikuler, ada yang menuju bimbingan belajar di luar sekolah, juga ada yang langsung pulang kerumah kira kira memakan waktu 2 sampai 3 jam. tetapi biasanya PR yang diberikan guru pasti selalu ada, apalagi dalam satu hari terdapat 4 sampai 5 mata pelajaran yang otomatis PR siswa juga akan banyak dan menumpuk.

malamnya rata - rata pelajar indonesia tidur pada jam 10 sampai 11 malam. hingga kembali kesiklus pagi hari. Dalam sehari siswa Indonesia sudah menghabiskan waktunya hampir setengah hari untuk belajar, dan juga belum di hitung dari tugas dan PR yang harus diselesaikan.

Rutinitas Pelajar Jepang

https://nadir0.files.wordpress.com/2013/02/28997419_a9d76ae5f5.jpg

Dijepang pejuangnya bangun tidurnya relatif sama dengan pelajar di negeri kita, namun mereka masuk pada jam 9, dikarenakan tidak seperti di indonesia, jam 7 disana masih terlihat sangat pagi. mereka biasanya menyiapkan bekal siangnya sendiri, lalu jalan kaki atau naik kendaraan umum untuk sampai ke sekolah, tidak heran mengapa kemacetan jarang terjadi di Jepang.

Di sekolah mereka melakukan pembelajaran layaknya sekolah pada umumnya, pulang jam 4 sore ditambah dengan kegiatan ektrakulikuler atau bimbingan belajar, mereka pulang kerumah pada malam hari, rata - rata mereka tidur jam 1 pagi setelah menyelesaikan pekerjaan rumah dan belajar setidaknya 1 jam. dan kembalik ke siklus pagi hari.

Perbandingan

Dari perbedaan jam sibuk yang dilalui pejuang Indonesia dan Jepang adalah bahwa Jepang memiliki keefektifan yang lebih tinggi dari pada pelajar indonesia, yang dapat kita lihat saat ini bahwa pendidikan jepang lebih baik dibanding pemndidikan Indonesia.

Bagaimana supaya efektif ?

Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup sobat. Kualitas hidup sobat tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu sobat dan bukan oleh jumlah energi yang sobat konsumsi pada apa yang sobat lakukan.

Berikut cara agar dapat belajar secara efektif dan menyenangkan :
  1. Susunlah jadwal keseharian
Cobalah untuk mengatur jadwal keseharian dengan baik. Kapan belajar, kapan hang out, kapan untuk bermain game, dan kapan untuk istirahat.
Belajar yang efektif harus memerlukan waktu yang tepat. Jika kita belajar pada saat yang kurang tepat maka materi yang sedang kita pelajari tidak akan maksimal tersimpan di otak kita, misalnya ketika mata sudah sangat mengantuk, maka tidak akan bisa membuat kita konsentrasi dalam belajar, oleh karena itu pikiran dan juga badan harus dalam keadaan fresh agar materi lebih mudah dimengerti dan dipahami.
Kalau penulis sendiri cara belajarnya adalah dengan membaca ulang setelah pulang sekolah dimana materi masih fresh dan juga cara ini memberi efek ingatan jangka panjang.
  1. Ciptakan suasana yang nyaman
Pastinya belajar gak mungkin di tempat belanja, bioskop dan tempat parkir kan.... (kecuali kalau emang tempat itu nyaman (lmao)). Belajarlah dengan suasana yang nyaman, senyaman pikiran kita. Kita bisa coba belajar di kamar, teras rumah atau bahkan di taman dengan ditata sedemikian rupa sesuai kecocokan kita. Atau juga bisa belajar sambil mendengarkan musik(disarankan musik instrumental atau musik klasik yang tidak terdapat nyanyiannya). Intinya, ciptakan suasana yang menurut kita sendiri nyaman. Atau bisa juga dengan membuat ruang khusus belajar, meskipun ruangan tersebut tergabung dalam kamar kita, karena suasana yang nyaman bisa membuat pikiran menjadi tenang sehingga materi pelajaran yang akan kita pelajari akan lebih cepat diterima otak.
  1. Pahami materi dan jangan menghafal
Menghafal memang ampuh untuk mendapat nilai yang memuaskan. Tapi percuma, pengetahuan kita tidak bertambah. Tidak jarang juga lewat satu minggu saja lupa materi apa yang dihafal. Untuk itu, belajarlah dengan memahami garis besar materi, bagaimana konsepnya dan bagaimana detail-nya dan jika ingin menghafalkan materi maka harus pahami dulu materinya.
  1. Merangkum Materi Pelajaran
Merangkum materi memiliki dua keuntungan bagi kita yaitu keuntungan yang pertama dengan merangkum materi secara tidak langsung kita pula telah membaca buku pelajaran, otomatis kita akan sedikit paham dengan materi yang sedang kita pelajari. Nah keuntungan kedua, untuk memantapkan bahwa kita mengerti yaitu dengan membaca kembali hasil rangkuman tadi, dengan begitu kita tidak harus membaca buku tebal yang membuat kita bosan. jadi yang kita baca adalah rangkuman/catatan kecil kita.
  1. Belajar dengan mind map
Mind map atau peta pikiran dicetuskan oleh pakar pendidikan Tony Buzan. Metode ini terbukti ampuh untuk mengingat materi pelajaran. Kita bisa mencobanya ketika hendak belajar rutin setiap hari. Sebelum itu, buatlah mind map di selembar kertas A4 untuk setiap bab yang ingin dipelajari.
  1. Belajar rutin tapi gak kelamaan
Sistem kebut semalam, ini yang sering kita lakukan. Sistem belajar semacam ini tidak menumbuhkan pengetahuan, tapi malah tekanan. Walhasil, rasa grogi ketika menghadapi ujian akan terus muncul sampai kapanpun. Atasi segera dengan belajar rutin 30 menit setiap pagi dan malam dengan serius atau kurang lebih satu jam setelah itu selingi dengan istirahat agar tidak kelelahan. Belajar yang terlalu lama hanya akan membuat kita merasa sangat kelelahan dan mudah bosan. (atau bisa ikuti saran penulis seperti yang diatas)
  1. Belajar sambil diskusi
Jika merasa kurang paham belajar sendirian, kamu bisa coba belajar sambil diskusi. Kalau perlu, buatlah teman diskusi di kelasmu dan buat jadwal belajar bersama. Ini akan semakin memudahkan kamu dalam memahami sebuah materi pelajaran karena ada sistem tutor sebaya. Tidak ada cara belajar yang lebih mengasyikan selain berdiskusi. Berdiskusi dengan teman sangat baik dijadikan cara belajar agar lebih menyenangkan. Kamu bisa bertukar pikiran dan saling membantu apabila temanmu mengalami kesulitan.
  1. Tidak Menggunakan SKS (sistem kebut semalam)
SKS ialah singkatan dari cara belajar Sistim Kebut Semalam. Cara ini biasa dipakai para pelajar maupun mahasiswa, bahkan hampir sebagian besar para pelajar atau mahasiswa masihh menggunakan cara ini. Sungguh ini bukanlah cara efektif dan menyenangkan, justru akan membuatmu kelelahan dan lupa saat berhadapan dengan soal ulangan. Penggunaan SKS hanya akan membuat kita semakin gelisah dan cemas karena baru belajar tadi malam dan tentunya tidak terlalu menguasai materi yang dipelajari, saat ditempat kuliah pun akan membuat kita mengantuk dan tidak fokus.
  1. Lebih banyak membaca
Membaca bisa memperluas ilmu pengetahuan kita. Untuk mengetahui lebih banyak materi pelajaran maka sebaiknya perbanyak membaca, sehingga lebih banyak buku yang kita baca maka semakin luas ilmu yang kita dapatkan.

Sekian hal yang ingin saya sampaikan kepada sobat SlowMo semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua, sekali lagi terimakasih.


REFRENSI :
https://nadir0.wordpress.com/keseharian-siswa-sma-di-jepang/
http://www.pemimpinremaja.com/index.php/component/content/article/1-latest-news/196-cara-belajar-efektif-dan-mudah-paham
http://inaismifatmawati.blogs.uny.ac.id/2015/10/26/cara-belajar-yang-efektif-dan-menyenangkan/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments